Pages

30/08/2016

Wujudkan Impian dengan Investasi Reksadana Online #WujudkanImpianmu

Hey Ho !! ;))

Apa kabar teman-teman…

Nah kali ini, saya mau sharing mengenai INVESTASI… Apa sih investasi itu? Mengapa harus berinvestasi? Apakah saya yang masih muda ini harus berinvestasi? Bagaimana sih cara memilih investasi yang tepat untuk kita? Dan banyak lagi…

Pertama-tama, saya hendak menjelaskan sedikit mengenai latar belakang saya. Saya adalah seorang ibu rumah tangga pencinta make up yang aktif trading di Bursa Saham Indonesia dan juga berinvestasi di Reksadana Indonesia.

Saya akan sharing dari sudut pandang saya berdasarkan latar belakang dan pengalaman saya secara pribadi…



INVESTASI

Awalnya saya berpikir, apakah saya yang masih muda dan memiliki penghasilan yang belum begitu besar ini perlu berinvestasi??? Bagaimana saya bisa membagi penghasilan yang tidak begitu besar ini ke dalam investasi??? Banyak pertanyaan berkecamuk di benak saya, namun dua hal tersebut yang menurut saya perlu ditemukan jawabannya.


Sumber: https://www.poems.co.id/PoemsInfo/SmartPlan/

Akhirnya saya menemukan jawaban. YA!! Saya perlu berinvestasi karena saya tidak tahu berapa lama saya sanggup bekerja, apabila saya nanti berhenti bekerja saya harus dapat menghidupi diri saya di kemudian hari. Saya harus siap untuk menghadapi kejadian tak terduga yang membutuhkan banyak biaya. Dan yang terpenting, saya harus dapat mewujudkan impian saya yang begitu banyak, mulai dari berlibur keliling dunia sampai memiliki rumah sendiri. Sayapun memutuskan, saya perlu menyiapkan perencanaan keuangan jangka menengah dan jangka panjang bagi kehidupan saya.

Besar kecil penghasilan tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak berinvestasi, saya berpendapat semakin kecil penghasilan semakin harus kita berhemat dan menyisihkan dana kita untuk investasi. Dan sayapun bertekad membagi penghasilan saya menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah investasi.

Menurut saya, investasi adalah sejenis tabungan yang dipersiapkan untuk melancarkan rencana masa depan dalam mewujudkan impian ataupun persiapan menghadapi hal-hal di luar perencanaan. Investasi sendiri banyak jenisnya, mulai dari tanah, bangunan, deposito, saham, reksadana, dan masih banyak lagi…….

Mengapa saya memilih REKSADANA?

Menurut Wikipedia, reksadana itu adalah
“Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupunefek/sekuriti lainnya.”

Pada tahun 2011, saya memutuskan untuk menginvestasikan dana tabungan saya pada reksadana, saya ingat nominal awalnya sebesar Rp. 10.000.000,- . Mengapa saya memilih reksadana? Beberapa pertimbangan saya pada waktu itu adalah :

1. Ketersediaan Dana
Saya belum memiliki dana yang cukup bila saya hendak berinvestasi di bidang properti (seperti tanah, bangunan), investasi reksadana bisa dimulai dari nominal yang terjangkau oleh saya.

2. NAB/unit Reksadana yang Trendnya Naik
Nilai asset bersih per unit (NAB/unit) reksadana memiliki trend naik (dapat dilihat pada gambar di poin 3), sehingga dalam jangka waktu 3-5 tahun cenderung menghasilkan keuntungan. Kebetulan saya belum merencanakan dana tabungan tersebut akan digunakan untuk apa, sehingga saya anggap “dana dingin” dan bisa diinvestasikan dalam jangka 3-5 tahun tanpa terganggu.

3. Perbandingan Return
Reksadana memiliki return lebih tinggi ketimbang deposito ataupun tabungan konvensional. Salah satu contohnya adalah Manulife Dana Saham yang memiliki return di atas 25% dalam 3 tahun, cukup jauh dibandingkan return deposito selama 3 tahun yang berada di kisaran 16-19%. 


Sumber : https://www.poems.co.id/Profunds

4. Reksadana dikelola oleh Manager Investasi
Reksadana dikelola oleh manager investasi yang berpengalaman di bidangnya dan terpercaya, sehingga risiko berkurang. Salah satu manager investasi terpercaya di Indonesia adalah Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) yang sudah bergerak di Indonesia sejak 1996 dan terdaftar, serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, MAMI pernah mendapatkan penghargaan dari dalam negeri bahkan yang berskala internasional, antara lain Best Fund House 2015 dari Asia Asset Management.

5. Berbagai macam Varian Produk yang dapat disesuaikan dengan Profil Risiko
Reksadana memiliki berbagai macam varian produk yang dapat disesuaikan dengan profil risiko saya. Ada 3 jenis profil risiko, yaitu konservatif, moderat, dan agresif. Ketiganya memiliki perbedaan dari sisi risiko, pengalokasian dana (balanced, fixed income, equity, money market), jangka investasi, dan volatilitas.
Untuk mengetahui profil risiko, saya menggunakan kalkulator profil risiko pada : https://reksadana-manulife.com/profil-risiko . Setelah mengetahui profil risiko, saya bisa menentukan produk reksadana apa yang cocok bagi saya.
Beberapa produk dari MAMI, antara lain :
* Manulife Dana Kas II (Money Market)
* Manulife Dana Saham (Equity)
* Manulife Dana Stabil Berimbang (Balanced)
* Manulife Dana Tumbuh Berimbang (Balanced)
* Manulife Obligasi Unggulan (Fixed Income)
* Manulife Saham SMC Plus (Equity)
* Manulife Syariah Sektoral Amanah (Equity).
Minimum investasi dan minimum top up produk MAMI dimulai dari Rp. 100.000,-  cukup terjangkau bagi saya.


Pemilihan Reksadana
Sumber : screenshot POEMS Android


Mengapa POEMS ProFunds?

Sebagai trader di Bursa Saham Indonesia dan juga investor di Reksadana Indonesia, POEMS ProFunds menjadi solusi efektif dan efisien bagi saya. Setelah melakukan download programnya via android dan melakukan free trial, saya merasakan beberapa kemudahan dan keunggulan POEMS ProFunds, seperti :

1. POEMS ProFunds yang terintegrasi dengan POEMS
Dapat bertransaksi saham dan membeli reksadana via satu program saja karena POEMS ProFunds terintegrasi dengan POEMS.


POEMS
Sumber : screenshot POEMS Android


POEMS ProFunds
Sumber : screenshot POEMS Android

2. Pengalokasian Dana Optimal
Mengoptimalkan dana yang dimiliki, apabila ada dana tidak terpakai di rekening trading, dapat digunakan untuk pembelian reksadana.

3. Keamanan Penyimpanan Dana
Dana aman di dalam Rekening Dana Investor (RDI), rekening terdaftar atas nama klien.

4. Fee yang ditawarkan Cukup Rendah 

5. Informatif
Bisa melakukan pengecekan performansi reksadana pilihan dan membandingkannya dalam satu platform. Dapat membaca prospektus berbagai reksadana.


Informasi Reksadana
Sumber : screenshot POEMS Android

6. Investasi Reksadana (Investasi Online dan Reksadana Online)
Dapat melakukan pendaftaran dan penarikan reksadana secara online, sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan di bursa keuangan, kita dapat segera melakukan penarikan dana kita.


Investasi Reksadana Online
Sumber : screenshot POEMS Android


Nah, itulah sharing informasi dan pengalaman dari saya, tertarik untuk berinvestasi reksadana dan perlu informasi lebih lanjut?
Teman-teman bisa menghubungi PT Phillip Securities Indonesia atau berkunjung ke website mereka di : https://www.poems.co.id/


Siap untuk menyiapkan masa depanmu? #WujudkanImpianmu 






No comments:

Post a Comment